Sunday, February 24, 2019

Analisa Managemen Strategi pada Perusahaan PT. Sari Coffee (Starbucks Coffee)


Tugas Perkuliahan Manajemen Strategik



Oleh :
HIRO GEORGIE VIALI
1712070150



INSTITUT KEUANGAN PERBANKAN DAN INFORMATIKA
ASIA
(ASIA BANKING FINANCE AND INFORMATICS
INSTITUTE)
PERBANAS
JAKARTA
Fakultas Ekonomi dan Bisnis IKPIA Perbanas
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INTENSIF

2018




Perumusan Strategi adalah proses analisis pemilihan tindakan yang paling sesuai untuk memenuhi tujuan dan visi organisasi. Ini adalah salah satu langkah dari proses manajemen strategis. Rencana strategis memungkinkan organisasi untuk memeriksa sumber dayanya, menyediakan rencana keuangan, dan menetapkan rencana aksi yang paling tepat untuk meningkatkan laba.


1.1 IFE Matrik










Keterangan Nilai: 1 Terlemah, 4 Terkuat

Total Bobot Untuk Kekuatan:

= Jumlah Bobot Kekuatan / Jumlah Total Bobot Kekuatan =
0.84+0.40+0.30+0.30+0.48+0.24 /0.21+0.10+0.10+0.10+0.12+0.08 = 3.60

Total Bobot Untuk Kelemahan:

=  Jumlah Bobot Kelemahan / Jumlah Total Bobot Kelemahan = 0.20+0.14+0.24 /
0.10+0.07+0.12 = 2.0

Berdasarkan analisa IFE Matrik maka dapat dilihat bahwa factor yang paling menguntungkan adalah ekspansi pasar, dengan pasar yang berkembang sangat besar maka keuntungan terbesar juga datang dari faktor ekspansi pasar. Selain itu faktor yang mendukung Starbucks dalam menjalankan bisnis juga datang dari layanan pelanggan yang baik. Dengan kurangnya pesaing membuat Starbucks menguasai pangsa pasar untuk produk mereka. Ketersediaan suplai yang baik dari Starbucks menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki hambatan berarti untuk menghasilkan produk, hanya saja nilai dari inovasi produk yang kecil membuat



produk mereka yang sama, oleh karena itu inovasi perlu ditingkatkan jika ekspansi pasar yang stagnan.

Dengan total Bobot untuk kelemahan yang terbilang besar yaitu 2, maka dari sini Starbucks bisa memanfaatkan kelemahan ini untuk memperbaiki diri, apabila kelemahan ini digunakan oleh kompetitor maka ada kemungkinan Starbucks akan memiliki kompetitor yang kuat.

1.2 EFE Matrik



Berdasarkan analisa dari EFE Matrik, Starbucks berhasil memanfaatkan teknologi kedalam bisnis mereka, dengan layanan internet yang baik dan akses ke website yang dimana pelanggan dapat memperoleh informasi mengenai menu, produk, ataupun promo dan lain-lain. Hal ini menjadi faktor yang mendorong konsumen untuk datang ke Starbucks. Selain itu ada pula layanan serta lokasi juga merupakan faktor yang baik bagi Starbucks.

Selain banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh Starbucks, ada juga beberapa ancaman terhadap Starbucks. Beberapa diantanya adalah harga yang masih tidak mengimbangi dengan pendapatan perkapita dimana gerai berada, hal ini mempengaruhi untuk pasar-pasar mereka yang diluar negeri. Sedangkan ancaman pada tempat-tempat yang telah memiliki gerai lama yaitu konsumen yang merasa jenuh dengan produk yang samat tanpa terjadi inovasi baru yang signifikan. Tetapi



Starbucks dengan kompetisi yang tidak terlalu tinggi, masih dapat menguasai pasar.
Faktor lain yang menjadi ancaman adalah pajak.

1.3 CPM Matrik



Starbucks

Mcdonalds
Dunkin Donuts
Key Factors
Weight
Rating

Score
Rating
Score
Rating
Score
Advertising
0.05
4.00

0.20
3.00
0.15
3.00
0.20
Product Quality
0.20
4.00

0.80
2.00
0.40
3.00
0.60
Product Variety
0.10
3.00

0.30
4.00
0.40
3.00
0.30
Price
0.20
2.00

0.40
4.00
0.80
2.00
0.40
Competitiveness








Financial
0.05
3.00

0.15
4.00
0.20
3.00
0.15
Position








Customer
0.10
2.00

0.30
3.00
0.25
4.00
0.40
Loyalty








Global
0.10
3.00

0.30
4.00
0.40
4.00
0.30
Expansion








Customer
0.20
4.00

0.80
3.00
0.60
3.00
0.60
Service








Total
1.00


3.25

3.20

3.00


Berdasarkan table matriks CPM diatas, diketahui total skor bobot pada Starbucks Coffee sebesar 3,15 total skor bobot Mcdonalds sebesar 3.25 dan total skor bobot Dunkin Donuts sebesar 3.00. Data tersebut menunjukkan bahwa posisi Starbucks unggul dalam profil kompetitifnya dibandingkan kedua competitor utama yaitu Mcdonalds dan Dunkin Donuts.




1.4 SWOT Matrik

Kekuatan:

1.    posisi pasar kuat dan pengakuan merek Global: Starbucks memiliki kehadiran geografis yang signifikan di seluruh dunia dan mempertahankan 36.7% pangsa pasar di Amerika Serikat dan memiliki operasi di lebih dari 60 negara. Starbucks juga merek paling dikenal di segmen coffeehouse dan peringkat 91st merek global terbaik dari 2013.8 dalam Starbucks efektif memanfaatkan ekuitas merek yang kaya yang oleh produk menata, lisensi merek logo keluar. Pengakuan merek dan posisi pasar yang kuat tersebut memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan keuntungan kompetitif yang signifikan dalam untuk memperluas ke pasar internasional dan juga membantu mendaftarkan pertumbuhan yang lebih tinggi di pasar domestik dan internasional. Selama bertahun-tahun, mereka telah mencapai skala dengan saluran distribusi yang unggul dan pemasok hubungan ekonomi signifikan.



2.    Produk kualitas tertinggi: mereka memberikan yang paling penting untuk kualitas produk mereka dan menghindari Standardisasi Mutu mereka bahkan untuk output produksi yang lebih tinggi.

3.    Lokasi dan estetika banding dari toko-toko: Starbucks telah Toko di beberapa lokasi yang paling utama dan strategis di seluruh dunia. Mereka menargetkan lokasi premium, lalu lintas tinggi, visibilitas tinggi dekat dengan berbagai pengaturan, termasuk pusat-pusat ritel pusat kota dan pinggiran kota, gedung perkantoran, kampus, dan di beberapa lokasi pedesaan dan off-jalan Raya di seluruh world.10 ini telah menerima mereka signifikan kompetensi dan keuntungan untuk mampu menembus pasar utama dan memasuki pelanggan meyakinkan faktor. Toko mereka visual menarik dan memiliki faktor 'cool' melekat padanya dengan yang dirancang untuk mencerminkan karakter yang unik dari lingkungan mereka melayani di dan ramah lingkungan. Mereka menyediakan layanan besar, wifi gratis, musik besar, suasana hangat dan menyediakan lingkungan masyarakat tempat pertemuan, yang membentuk sebuah bagian yang lebih luas dari 'Pengalaman Starbucks'. Tujuan utama bagi perusahaan adalah untuk membuat toko mereka 'tempat ketiga' Selain rumah dan kerja.

4.    Manajemen sumber daya manusia: Starbucks adalah tahu sangat basis pengetahuan karyawan. Mereka adalah aset utama perusahaan dan mereka disediakan dengan keuntungan yang besar seperti opsi saham, rekening pensiun dan budaya yang sehat. Manajemen modal manusia yang efektif ini diterjemahkan ke dalam banyak layanan pelanggan. Itu dinilai 91 di 100 tempat terbaik untuk bekerja untuk majalah Fortune.

5.    Di antara konsumen karena inisiatif tanggung jawab sosial: toko mereka adalah masyarakat ramah, berfokus pada daur ulang dan mengurangi limbah. Mereka membangun persahabatan antara masyarakat dimana mereka operate.

6.    Beragam produk campuran: Starbuck portofolio produk yang diberikan kepada customernya, yang melayani untuk semua kelompok umur demografis factors.

7.    Menggunakan teknologi dan Mobile outlet: Starbucks efisien memanfaatkan teknologi dengan aplikasi mobile "Starbucks App' di apple dan android perangkat lunak. Mereka membuat investasi yang signifikan dalam teknologi untuk mendukung pertumbuhan mereka setiap tahun

8.    Loyalitas pelanggan dasar: Starbucks telah sekte berikut status di antara konsumen dan mereka juga telah menerapkan berdasarkan loyalty program kesetiaan berkendara dengan program penghargaan Starbucks dan kartu Starbucks. Kartu Starbucks adalah program kartu nilai yang memberikan kenyamanan, dukungan gifting, dan peningkatan frekuensi toko kunjungan oleh pemegang kartu dan terintegrasi dengan aplikasi mobile mereka.

Kelemahan:



1.    Produk mahal: Starbucks sementara membedakan produk mereka dengan menjadi sangat kualitas beberapa dengan seluruh 'Pengalaman Starbucks', di kali kelesuan ekonomi, konsumen harus jadi beralih biaya ke produk pesaing dengan menurunkan harga dan melupakan membayar premi. Harga premium ini juga bisa menimbulkan beberapa kelemahan untuk berhasil di negara berkembang.

2.    Diri kanibalisasi melalui kepadatan penduduk: oleh ekspansi agresif dan tinggi saturasi karena kepadatan penduduk di pasar mengarah kanibalisasi diri dan mengurangi target pertumbuhan jangka panjang dari Starbucks. Hal ini terjadi terutama di Amerika Serikat dimana Starbucks beroperasi toko 8078.

3.    Overdependence di pasar Amerika Serikat: sesuai dengan kanibalisasi diri dari pasar AS dengan toko-toko 8078, Starbucks menghasilkan persentase yang besar dari total pendapatan mereka dari AS dan ini membuatnya sangat sensitif terhadap prospek ekonomi AS dan pertumbuhan.

4.    Negatif perusahaan besar gambar: seperti setiap perusahaan besar, Starbucks datang di bawah pengawasan meningkat dan harus berinvestasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan mengaktifkan dan mempertahankan kendali yang ketat atas praktek kerja.

5.    Benturan budaya kopi Amerika Eropa dengan negara lain: Starbucks kopi budaya mungkin tidak secara luas diterima di beberapa negara sebagai bagian dari strategi mereka ekspansi internasional.

Peluang:

1.    Ekspansi ke pasar berkembang: meningkatkan saturasi dan kanibalisasi diri dari pasar AS membuat strategi internasional bahkan lebih penting. Starbucks telah membuat baik penyerapan ke dalam banyak negara, dengan India yang baru saja bergabung dengan daftar dengan entry. patungan yang Starbucks memiliki pertumbuhan yang besar potensi untuk memperluas ke pasar berkembang dan berkembang. Mereka dapat memanfaatkan mereka ukuran, pengalaman, kecakapan keuangan dan efisiensi untuk membuat campuran.

2.    Memperluas produk baru pasar share dan persembahan: Starbucks baru-baru mulai untuk memperluas bauran produk mereka dengan menjelajah ke teh dan jus segar penawaran produk dengan akuisisi Smart strategy.20 ini memberikan peluang yang signifikan untuk Starbucks.



1.5 BCG Matriks

Starbucks bisa memperkenalkan unit usaha strategis yang khusus dalam teh, sebagaimana disebutkan di atas; teh penjualan mewakili potensi yang besar di negara-negara seperti Inggris atau Irlandia. Sebagai Tietjen (2013) menyebutkan, penjualan kopi di Starbucks sudah diperoleh dan perusahaan sekarang harus fokus pada pasar teh. Menerjemahkan informasi ini ke dalam matriks BCG, kopi di Starbucks adalah sudah "Cash Cow" yang membawa keuntungan tanpa lebih lanjut investasi atau usaha yang diperlukan. Pengenalan teh akan jatuh di bawah "Question mark" kategori, pangsa pasar rendah tetapi tingkat pertumbuhan tinggi bisnis. Jika pengenalan produk teh lebih akan menjadi sukses di Inggris, produk dapat bahkan beralih ke "Star" kategori untuk kemudian bergabung dengan "Cash Cow" sebagai berikut.


Sementara Boston Consulting Group Matrix memungkinkan kita untuk memiliki gambaran dari mana produk atau jasa berdiri, itu telah menghadapi beberapa kritik seperti fakta bahwa salah satu tidak dapat selalu menjadi yakin apakah industri dewasa atau tidak dan salah menilai produk penempatan. Ini juga telah mengatakan bahwa ini matriks ajak perusahaan terlalu fokus pada pasar berbagi dan hilangnya kesempatan (The Economist, 2009).

Kesimpulannya, Starbucks memiliki berbagai strategi pemasaran yang biasanya bergantung pada loyalitas pelanggan dan dari mulut ke mulut atau pertimbangan etis serta keterlibatan dalam masyarakat. Berkat diperpanjang bauran pemasaran dan pemasaran analisis strategi inti, faktor internal dapat dianalisis dan analisis hama memberikan gambaran tentang lingkungan eksternal. Meskipun Starbucks masih dianggap sebagai merek mewah dan bertanggung jawab, ada beberapa masalah



yang timbul dan menempatkan mereka keunggulan kompetitif dalam bahaya: persepsi penghindaran pajak atau produksi massal melukai citra merek dan mem-Bujuk mahasiswa lainnya pelanggan untuk membeli produk mereka. Di masa depan, Starbucks harus kembali ke inti mereka strategi pemasaran dan fokus pada pelanggan mereka kebutuhan individu dan keinginan




1.6 SPACE Matriks
































Ruang matriks menunjukkan bahwa Starbucks harus mendorong agresif strategi untuk pendek - untuk jangka menengah. Sebagai akibatnya, alternatif WO dan WT dapat dihilangkan saat mereka mengambil sikap sangat defensif/konservatif dengan mencoba untuk meniru strategi harga rendah pesaing. Pertanyaannya apakah Starbucks harus memperluas atau hanya mempertahankan pangsa pasar saat ini (SO versus ST).




1.7 QSPM Matriks

Untuk menentukan alternatif yang strategis adalah yang paling cocok untuk Starbucks, QSPM matriks akan diterapkan

Alternative

Alternative 2(ST)




1 (SO)

Maintain Market Share



Expand








Market









Share









Key factors
weigh
Attrac
Total
Weigh
Attractivenes
Total




t
t
attractivenes
t
s score
attractivenes





score
s score


s score
Strengths








Successful


0,15
4
0,6
0,15
2
0,3
and
popular






product lines






Access

to
0,1
4
0,4
0,1
2
0,2
high-quality






Arabic
Coffee






Beans

















Strong Supply
0,1
4
0,4
0,1
3
0,3
chain









Management
















Strong



0,05
4
0,2
0,05
4
0,2
intellectual








property
and






R&D









capabilities






Strong



0,1
4
0,4
0,1
2
0,2
financial








muscle









Strong
brand
0,1
3
0,3
0,1
3
0,3
image









Reputable


0,05
3
0,15
0,05
2
0,1
customer








service









Strong

and
0,05
4
0,2
0,05
1
0,05
reputable










partner








Variety

of
0
0
0,05
0
0
0
flavors








Weakness







Overextension
0,1
0
0
0
4
0,4
of
product






portfolio







High prices of
0,1
4
0,4
0,1
4
0,4
product







Environmental
0,05
1
0,05
0,05
3
0,15
issues








Sum Weight
1


1


Opportunity






High
growth
0,2
4
0,8
0,2
1
0,2
rates

in






emerging







markets







High
growth
0,1
4
0,4
0,1
2
0,2
potential
of






single-serve






coffee market






High
growth
0,05
4
0,2
0,05
2
0,1
potential







flavoured







coffee
in
the






U.S








High
growth
0,05
4
0,2
0,05
2
0,1
potential
for






courtesy







coffee








products







Threats







High


0,15
3
0,45
0,15
4
0,6
bargaining







power

of






supplies







Trademark

0,1
4
0,4
0,1
4
0,4
infringements






in   emerging






markets







Increasing

0,15
4
0,6
0,15
4
0,6
competition







from
local






competitor







and
new






entrants
in






emerging







markets







Saturated

0,1
3
0,3
0,1
4
0,4


market

in






developed







economies







Increasing

0,1
3
0,3
0,1
4
0,4
price








sensitivity
of






customers







Sum Weight
1


1


Sum
Total


6,75
> 

5,6
Attractivenes






s Score










Matriks QSPM dengan jelas menunjukkan bahwa Starbucks harus mendorong ekspansi agresif strategi yang baik di pasar domestik dan luar negeri. Mempertahankan pangsa pasar saat ini dan berusaha untuk meramalkan dan kemudian menghindari serangan dari pesaing bukanlah suatu pilihan.



1.8 GRAND STRATEGY MATRIX













































Strategi untuk produk kuadran I yang memiliki posisi kompetitif kuat dan mengalami pertumbuhan pesat pasar jatuh ke dalam kuadran saya. Untuk Starbucks, produk seperti yang biasanya minuman dan makanan yang menikmati penerimaan yang tinggi di antara pelanggan. Contoh adalah Frappuccino dan Panini, tetapi juga jus



dan teh (misalnya Chai). Untuk mengkonsolidasikan pasar posisi dan meningkatkan pertumbuhan, Starbucks perlu mengembangkan lebih lanjut kategori produk tersebut. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan rasa, bahan atau suhu. Starbucks telah diterapkan strategi ini pada skala rumah tangga dengan memperkenalkan Caramel Ribbon Crunch Frappuccino® dicampur minuman atau Vegie Panini.

Strategi untuk produk II kuadran yang memiliki posisi kompetitif yang lemah dan mengalami pertumbuhan pesat pasar jatuh ke dalam kuadran II. Untuk Starbucks, lini produk seperti K-Cup dan melalui kopi instan adalah contoh yang baik. Karena ketinggalan di keuntungan pemain pertama, produk tersebut harus bertengkar dengan merek terkenal kompetitif yang kuat (misalnya Nestlé). Oleh karena itu, posisi kompetitif mereka lemah namun tingkat pertumbuhan pasar yang cepat di sektor kopi melayani tunggal membuat mereka sangat menguntungkan. Karena itu penting untuk lebih mengembangkan pasar dengan mengalihkan sumber daya keuangan dan kemampuan R&D untuk membuat produk niche lebih menarik di mata konsumen.

Kampanye pemasaran yang menyoroti kualitas produk atau penampilan make-overs adalah kemungkinan opsi untuk lebih baik posisi kompetitif produk tersebut dan mengubahnya menjadi bintang.



Pertumbuhan pasar strategi untuk produk III kuadran yang memiliki posisi kompetitif yang lemah dan pengalaman lambat (atau tidak) jatuh ke dalam kuadran III. Digambarkan sebagai anjing BCG-matriks, produk tersebut adalah barang dagangan dan peralatan membuat kopi tradisional. Seperti yang ditunjukkan dalam analisis internal, penjualan produk-produk barang dagangan telah menurun selama tahun (meskipun citra merek baik perusahaan). Penjualan kopi tradisional membuat peralatan telah menurun, terutama karena hiruk-pikuk kopi melayani tunggal. Clinching untuk produk tersebut dapat memiliki dampak negatif pada keuntungan. Kemungkinan alternatif strategis karena itu penghematan dan bahkan lengkap likuidasi lini produk. Alternatif penghematan menunjukkan pelangsing turun barang menawarkan, hanya menjaga barang-barang dengan positif penjualan angka-angka (misalnya stainless kopi mug dan gelas atau Verismo® mesin) dan menyingkirkan lini produk yang menguntungkan (misalnya musik CD). Likuidasi menyarankan tidak ada barang dagangan dan hanya fokus pada menjual produk-produk makanan dan minuman.

Strategi untuk produk IV kuadran yang memiliki posisi kompetitif kuat dan pengalaman pertumbuhan lambat pasar jatuh ke dalam kuadran IV. Untuk Starbucks, contoh akan klasik tanah dan biji utuh kopi dengan campuran yang berbeda. Tanah dan kopi biji utuh telah sekitar hampir sejak berdirinya perusahaan. Pelanggan telah membeli kopi tradisional untuk dekade dan Starbucks'

tanah dan produk kopi biji utuh menikmati reputasi tinggi di antara pelanggan karena mereka berkualitas tinggi gambar. Namun, selama tahun penjualan kopi tradisional telah mengalami stagnasi karena munculnya produk kopi melayani tunggal dan perubahan dalam kebutuhan konsumen. Starbucks apa yang bisa



lakukan untuk meningkatkan penjualan produk-produk kopi tradisional adalah untuk membentuk aliansi strategis dengan restoran besar rantai, rantai hotel atau premium dan khusus pengecer yang menjual kopi yang baru diseduh kepada pelanggan.

Strategi ritel ini telah berhasil diterapkan dalam tahap awal dari Starbucks' ekspansi dan perlu lebih dikembangkan untuk meningkatkan penjualan produk-produk kopi tradisional.


2.1 Strategi Implementasi


Manajemen bisnis strategis dan proses perencanaan menjadi semakin banyak digunakan oleh perusahaan kecil, perusahaan besar, organisasi nirlaba, perusahaan pemerintah serta perusahaan multinasional. David (1995) Proses "memberdayakan" manajer dan karyawan memiliki manfaat yang hampir tak terbatas. Dalam studi ini kami menemukan manajemen bisnis strategis dan perencanaan Starbucks Company.

Starbucks yang menyediakan salah satu kedai kopi terbaik di dunia. Mereka memulai perjalanan mereka dari tahun 1970. Nama Starbucks Company diambil dari novel klasik Amerika pada abad ke-19 yaitu Moby Dick dari Herman Melville. starbucks Untuk mengidentifikasi tujuan dan nilai-nilai Starbucks, kami menganalisis sejarah gemilang mereka. Setelah perjalanan 1970-an mereka kemudian 1980-an bergabung dengan perusahaan mereka Howard Schultz pada 1982-an. Pada 1990-an mereka membuka perusahaan publik. Pada tahun 2000-an kita melihat bahwa Starbucks mendirikan cabang mereka lebih dari 15000 lokasi di seluruh dunia. Mereka menawarkan produk baru di tahun 2000an yaitu teh Tazo® dan minuman campuran es Frappuccino® yang lebih populer bagi konsumen.

Tujuan Starbucks adalah mengidentifikasi pencapaian organisasi ini dan menganalisis posisi kompetitif mereka dengan mendiskusikan pengalaman mereka sebelumnya. Untuk mencapai tujuan mereka, mereka mengidentifikasi hubungan antara berbagai tujuan. Mereka menelusuri tingkat sasaran bisnis mereka hingga menghasilkan hierarki sasaran bisnis. Rational (2003)

Karakteristik manajemen bisnis strategis dan perencanaan dapat didefinisikan oleh perumusan ilmu dan seni, implementasi dan evaluasi keputusan lintas fungsional yang merupakan kapabilitas perusahaan untuk mencapai tujuan dan sasarannya. Karakteristik ini menyiratkan manajemen strategis dan perencanaan yang berfokus pada integrasi manajemen, akuntansi / keuangan, pemasaran, operasi, pengembangan dan penelitian dan informasi perangkat lunak komputer untuk mendapatkan kesuksesan perusahaan. Seperti definisi ini menyiratkan, manajemen strategis berfokus pada mengintegrasikan manajemen, pemasaran, keuangan atau akuntansi, produksi / operasi, penelitian dan pengembangan, dan sistem informasi komputer untuk mencapai keberhasilan organisasi.

Kargar Karakteristik manajemen bisnis strategis dapat dikategorikan dalam tiga tahap yaitu perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Dalam perumusan strategi termasuk mengembangkan misi bisnis, mengidentifikasi peluang dan ancaman eksternal organisasi, menentukan kekuatan dan kelemahan internal, menetapkan tujuan jangka panjang, menghasilkan strategi alternatif dan memilih strategi tertentu untuk dikejar.

Implementasi strategi adalah tahap tindakan manajemen strategis. Implementasi berarti memobilisasi karyawan dan manajer untuk menerapkan strategi yang dirumuskan ke dalam tindakan. Evaluasi strategi adalah tahap terakhir dalam manajemen strategis. Manajer sangat perlu mengetahui strategi tertentu tidak berfungsi dengan baik yang berarti evaluasi strategi adalah cara utama untuk memperoleh informasi ini.

Untuk mengembangkan strategi dan rencana bisnis, buat model yang merupakan kerangka kerja konseptual model bisnis yang mengidentifikasi situasi ekonomi dan memberikan nilai kepada pelanggan. Dalam model klasik yaitu memberikan gambaran tentang pelanggan, nilai pelanggan, dan biaya pengiriman kepada pelanggan dan menghasilkan keuntungan, dll. Dalam model kontemporer yang digunakan dalam bisnis yang membahas tentang kualitas produk, jenis produk yang dikirim ke pelanggan. Di sini juga pertimbangkan tentang layanan yang diberikan kepada pelanggan. Dalam model kontemporer juga memberikan gambaran tentang sistem operasi bisnis dan nilai pengorganisasian.

Lingkungan eksternal berarti dampak dari kekuatan ekonomi, pengaruh masalah politik, persaingan pasar, budaya lokal, dampak sosial, lingkungan lokal, pengaruh teknologi, dll. Hal ini dapat menyederhanakan kebutuhan pelanggan dalam barang dan jasa industri dan pelanggan. Hal ini dapat berdampak pada pengembangan kategori barang, strategi pembagian pasar, berbagai tipe kinerja yang ditawarkan, dan opsi kebijakan pasar dan persaingan pasar. blurtit

Starbucks Company beroperasi di lebih dari 25 negara di Amerika Serikat. Dalam dampak lingkungan eksternal, mereka menghadapi banyak program pelatihan untuk karyawan mereka, melanjutkan pengawasan dan pemantauan cabang. Mereka juga membutuhkan persaingan pasar manajemen dan tetap terhubung dengan teknologi.

Tata kelola organisasi bertanggung jawab untuk membuat fungsi organisasi. Fungsi-fungsi ini paling efektif dan efisien bagi perusahaan. Mereka secara teratur mengevaluasi fungsi perusahaan dengan dewan rapat. Persyaratan organisasi ini menciptakan komite untuk membuat struktur yang sesuai untuk perusahaan ini yang memengaruhi kondisi dan kebutuhan mereka. Persyaratan tata kelola ini juga mempengaruhi untuk menetapkan pedoman yang fleksibel untuk berfungsinya perusahaan secara efektif.

Prakiraan perusahaan berarti organisasi mana yang mempertimbangkan dan mengatur masa depan. Ini mencakup pemikiran hasil masa depan dari keputusan organisasi ini. Itu tergantung organisasi masa depan penuh, hasil produk masa depan, operasi dan program masa depan, infrastruktur masa depan organisasi ini. MXI (2010) Untuk mengambil perkiraan perusahaan, kadang-kadang memecahkan banyak pertanyaan yang muncul dari perusahaan ini. Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin merupakan laba perusahaan di masa depan yang hilang atau didapat, permintaan produk mereka tumbuh di pasar yang kompetitif, dll. Peramalan yang paling penting adalah peramalan perubahan keuangan. Ini membantu organisasi untuk mengambil keputusan yang tepat pada waktu yang tepat. Karena alasan ini, organisasi dapat mencegah kerugian finansial mereka. Dengan mengambil peramalan perubahan, mereka dapat meningkatkan kualitas produk mereka dan mencapai target produk mereka dalam waktu singkat.

Untuk membentuk opsi strategis, perusahaan Starbucks memperkirakan perubahan dengan memastikan kebulatan tujuan dalam organisasi. Dan memberikan dasar, atau standar, untuk mengalokasikan sumber daya organisasi dan membangun nada umum dan iklim organisasi. Dan berfungsi sebagai titik fokus bagi individu untuk mengidentifikasi dengan tujuan dan arah organisasi dan untuk mencegah mereka yang tidak dapat berpartisipasi lebih jauh dalam kegiatan organisasi. Ini juga menentukan tujuan organisasi dan terjemahan dari tujuan ini menjadi tujuan sedemikian rupa sehingga biaya, waktu, dan parameter kinerja dapat dinilai dan dikendalikan. Ini juga memfasilitasi penerjemahan tujuan ke dalam struktur kerja yang melibatkan penugasan elemen-elemen yang bertanggung jawab dalam organisasi.

Starbucks hadir dengan beragam pengecer kopi premium dengan camilan dan sandwich lainnya. Mereka memiliki jaringan di seluruh dunia lebih dari 37 negara yang berkesan baik dan citra baik dari banyak kedai kopi lainnya. Keahlian jaringan ini memberikan perusahaan ini kekuatan yang menonjol tinggi daripada perusahaan kopi lainnya. Perusahaan ini saat ini kuat tergantung pada pasar Amerika Serikat tergantung. Ini umumnya menargetkan dan bersaing dengan rumah kopi berpenghasilan menengah dan tinggi. Sebagai contoh pasar Bulgaria tempat pasar yang berharga untuk perusahaan ini. Alasan lain yaitu Bulgaria adalah keanggotaan tahap awal di Uni Eropa. Tempat pasar lain yang berharga adalah di Swedia, di mana banyak kedai kopi lainnya gagal bersaing dengan Starbucks. Starbuck (2007)

2.1.1
Strategi yang tepat untuk posisi kompetitif yang muncul, jatuh tempo dan menurun dijelaskan di bawah ini:

Dapatkan pasar global baru terlebih dahulu. Mencoba untuk mendapatkan pangsa pasar dari pesaing yang sudah berurat berakar sangat sulit. Investasikan dalam teknologi baru. Perusahaan-perusahaan yang sukses pada 1990-an akan memanfaatkan teknologi paling efisien. Pertimbangkan sumber alternatif. Temukan fasilitas pabrik di wilayah-wilayah berbiaya rendah di dunia. Instal sistem manajerial yang tepat. Pastikan bahwa manajer di pasar asing memahami budaya dan bahasa di negara tuan rumah. Ambil kerugian awal jika perlu. Korbankan laba jangka pendek untuk imbalan jangka panjang. Bergabunglah dengan pesaing. Berkolaborasi dengan pesaing yang memiliki keahlian di bagian lain dari rantai nilai. Johnson (2008)

2.1.2
Segala ketidakpastian yang terjadi di suatu perusahaan disebut risiko yang merupakan dampak dari perusahaan ini. Risiko tersebut akan datang dari berbagai sisi yaitu risiko strategis organisasi, risiko keuangan, risiko operasional dan kepatuhan serta risiko hukum. Lynch (2005) Risiko-risiko ini berdampak di setiap perusahaan seperti di Starbucks. Sebagian besar dampak berasal dari risiko keuangan. Karena keuangan adalah tulang punggung utama dari segala jenis bisnis. Dalam risiko operasional berdampak pada kegiatan sehari-hari perusahaan ini. Dampak risiko dapat dikategorikan rendah dan sedang. Dalam dampak risiko tinggi adalah risiko serius dalam dana, reputasi, dan operasi. Dan dalam dampak risiko menengah adalah risiko signifikan yang terjadi pada dana, reputasi dan operasi. Dan dalam dampak risiko rendah adalah dampak yang kurang signifikan dari bidang-bidang yang disebutkan di atas.

Keberhasilan suatu bisnis tergantung pada produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan di pasar kompetitif secara global, bukan dalam pemikiran lokal. Setiap perusahaan atau organisasi akan kehilangan posisi, jika mereka tidak tetap terhubung dengan pasar yang kompetitif dan kisaran harga produk yang baik. Di dunia, setiap pelosok dan pelosok dunia dilindungi oleh pasar global yang disebut globalisasi. Kebijakan budaya, industri, usaha patungan, dan ekspor penting dalam proses manajemen strategis perusahaan internasional. Seiring ekonomi dunia dan pola konsumsi menjadi semakin serupa dan saling terkait, perubahan politik dan ekonomi merupakan perubahan besar peluang atau ancaman utama. Scribd

Ada berbagai jenis pemangku kepentingan yang berdampak pada perusahaan. scribd Pemegang tumpukan utama yang merupakan pelanggan dan pemasok tanpa perusahaan mana pun tidak memiliki keberadaan. Dan pemangku kepentingan sekunder adalah komunitas tanpa perusahaan ini dapat keluar. Dan ada pemegang saham lain adalah pemegang saham aktif dan pemegang saham pasif yang berarti pemegang saham aktif adalah karyawan dan manajer dan pemegang saham pasif adalah masyarakat lokal dan pemerintah negara ini. Para pemegang saham memengaruhi strategi perusahaan saat ini dan di masa depan dengan berbagai cara. Dampak eksternal berasal dari pesaing, pelanggan, situasi pasar, pemasok produk, dan dari pemerintah daerah. Dan dampak internal akan datang dari manajemen perusahaan, manajer, barang-barang atau karyawan, dll. Untuk memahami dampak pemegang saham dalam manajemen bisnis strategis dan merencanakan prioritas kebutuhan pemegang saham yang berdampak rendah dan daya tinggi dari pemegang saham . Dampak tinggi dari pemegang saham berarti di mana perusahaan sepenuhnya terlibat tentang dampak ini. Dan dampak daya rendah di mana perusahaan tidak peduli sama sekali tentang dampak ini.

Aktivitas bisnis Perusahaan Starbucks sangat beragam. Mereka beroperasi di banyak negara dan di mana faktor lingkungan memainkan peran penting. Mereka perlu merespons dengan tepat tentang faktor lingkungan dan perlu membuat perencanaan strategis. Setiap faktor berasal dari saluran yang berbeda, sehingga perlu untuk fleksibel menanggapi keberadaan perusahaan ini. Seperti kita ketahui, Starbucks adalah perusahaan terkemuka dunia yang terkenal di dunia kopi. Mereka selalu berusaha membeli bahan baku mereka yaitu biji kopi harus berkualitas tinggi untuk ini mengapa mereka dapat melayani konsumen minuman kopi terbaik. Mereka percaya bahwa mereka perlu selalu bahagia dengan pelanggan mereka yang tergantung pada masa depan perusahaan dan reputasi perusahaan.

Manajemen dan perencanaan strategis yang sukses tergantung pada dukungan dari semua pihak yang eksternal, internal, dan disiplin dalam perusahaan, motivasi karyawan, kerja keras dari semua manajer dan karyawan. Itu tergantung pada ukuran dan jenis organisasi, masalah manajemen lainnya bisa sama pentingnya untuk berhasilnya manajemen strategi dalam suatu perusahaan.

2.2 Strategi Evaluasi

Strategi evaluasi digunakan oleh bahasa pemrograman untuk menentukan kapan harus mengevaluasi argumen pemanggilan fungsi (untuk fungsi, juga membaca: operasi, metode, atau hubungan) dan nilai apa yang harus diberikan ke fungsi. Sebagai contoh, panggilan dengan nilai / panggilan dengan referensi menentukan bahwa aplikasi fungsi mengevaluasi argumen sebelum melanjutkan ke evaluasi tubuh fungsi dan bahwa ia melewati dua kemampuan ke fungsi, yaitu, kemampuan untuk mencari nilai saat ini dari fungsi. argumen dan untuk memodifikasinya melalui pernyataan penugasan. 
Namun di Starbucks bukan evaluasi pelanggan, apakah mereka dikenal atau tidak dari kopi Indonesia. Evaluasi dilakukan oleh seorang barista dengan kompetisi seperti duta kopi, tetapi ada juga yang tidak persaingan tentang kopi Indonesia.

17 comments:

  1. wouw ini membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperkenalkan inovasi dalam bisnis, dan juga membangun sumber-sumber informasi strategis.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas infonya, dengan adanya analisis strategi ini dapat dengan mudah mengetahui posisi perusahaan dalam persaingan, sehingga perusahaan dapat menentukan rencana seperti apa yang perlu diterapkan untuk menjadi unggul

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas informasinya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. wah infonya lengkap sekali. terima kasih

    ReplyDelete
  5. terimakasih infonya, ini sangat membantu perusahaan Starbuck dalam melakukan strategi kedepannya

    ReplyDelete
  6. Analisa yang sangat bermanfaat, aktivitas dari formulasi strategi dapat mempertinggi kemampuan dari perusahaan dalam menghadapi berbagai macam masalah yang sedang dihadapi.

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat untuk pembaca dan semoga bisa membantu Starbucks dalam penerapan strateginya

    ReplyDelete
  8. Analisisnya sangat bagus, akan lebih baik jika penulisan pada deskripsi ife dan efe matrix lebih jelas agar dapat dibaca

    ReplyDelete
  9. Analisis baik dari perencanaan, implementasi dan evaluasi. Saya kira baik untuk diterapkan di perusahaan yg bersangkutan

    ReplyDelete
  10. Thanks gan infonya.. bisa buat bahan kuliah nih

    ReplyDelete
  11. Analisis sudah lengkap dan pembahasannya sudah komprehensif, sehingga akan membantu Starbucks dalam mengevaluasi kinerjanya agar semakin lebih baik

    ReplyDelete
  12. Analisis yang baik. Sangat bermanfaat bagi pembaca maupun perusahaan yg dibahas

    ReplyDelete
  13. analisis yang diberikan sangat lengkap bisa menjadi bahan untuk perencanaan strategi perusahaan tersebut👍🏻

    ReplyDelete
  14. Analisis baik dari perencanaan, implementasi dan evaluasi bisa membantu perusahaan dalam menentukan kebijakannya dari berbagai segi perkembangan bisnis

    ReplyDelete
  15. Informasi yang sangat bermanfaat semoga dapat membantu perusahaan yang bersangkut dan menjadi bahan referensi perkuliahan

    ReplyDelete
  16. Analisis yang baik sekali, sangat bermanfaat bagi pembaca, terima kasih

    ReplyDelete
  17. sangat menarik bermanfaat sekali terima kasih

    ReplyDelete